Jumat, 16 April 2010

HARAM MEROKOK DI ATAS MOTOR

Organisasi masyarakat muhamadiyah memfatwakan bahwa merokok adalah haram.Haram berarti tidak boleh dilakukan.Apa lagi kalau merokok sambil mengendarai motor. ini jelas haram hukumnya.

Ada banyak alasan kenapa merokok sambil mengendarai sepeda motor di larang atau diharamkan, ini jelas membahayakan orang banyak dan yang utamanya keselamatan diri sendiri. Secara kesehatan juga sudah banyak penelitian yang mengatakan dampak merokok terhadap tubuh. Dalam agama sesuatu yang membahayakan diri sendiri atau orang lain itu adalah hukumnya haram.
Jika kita perinci lebih dalam ada beberapa kemungkinan yang terjadi ketika seorang pengendara sepeda motor sambil merokok.
Pertama,konsentrasi. pengendara yang asyik merokok kemungkinan akan fokus menikmati hembusan asap rokok melelui mulutnya, maka pecahlah konsentrasi antara memperhatikan jalan dan menikmati rokok tentu bisa berakibat fatal bagi si pengendara.
Kedua,sudah dipastikan jika menghisap rokok saat bawa motor, visor helm akan terbuka, hembusan angin dan debu pasti akan langsung mengenai wajah. Tidak jarang partikel ini akan mengenai mata. Tentu bisa lebih berbahaya, apalagi jika seorang pengendara yang menggunakan helm fullface, kemungkinan besar helm akan dilepas atau diangkat keatas kepala agar agar bisa merokok.
Ketiga, Dengan merokok salah satu tangan entah kiri atau kanan pasti akan mengapit batang rokok.Pegangan tangan ke stang kemudi dipastikan tidak bakal sempurna. posisi jari pasti tidak memegang ujung stang.Apalagi kalau si pengendara menggunakan kopeling manual, pasti akan lebih repot lagi. Sehingga kalau ada manuver mendadak bisa tidak langsung antisipasif.
Untuk motor tipe sport yang tangki bahan bakarnya yang terdapat di back bone waspada jika merokok. Biar bagaimana pun yang namanya merokok ada percikan api yang terbang saat dihisap atau kena hembusan angin,dan bahayanya lagi jika percikan api rokok itu jatuhnya di tangki yang kebetulan ada uap bensin, hal tersebut bisa terjadi kebakaran. walau belum pernah kejadian namun waspada jauh lebih baik.
untuk itu bagi para pengendara sepeda motor yang gemar merokok sebaiknya jangan merokok sambil berkendara selain bahaya tidak baik juga untuk kesehatan, kalau memang sangat ingin sekali merokok sebaiknya berhenti sejenak untuk merokok sambil beristirahat.Namun demikian jangan merokok disembarang tempat cari tempat-tempat yang memang memungkinkan,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar