Jumat, 16 April 2010

RAWAT DRAT (ULIR) LUBANG OLI

Pada beberapa jenis merk motor,baut penutup lubang buangan oli atau istilahnya baut penutup lubang tap oli menggunakan bahan besi. Fenomena yang ada, tingkat kekerasan bahan besi terhadap drat lubang kalter mesin dari Alumunium bisa berdampak buruk, yakni trjadinya keruwsakan konstruksi drat lubang buangan oli mesin hal ini riskan terjadi jika proses pengenduran ataupun pengencangan baut dilakukan dengan ceroboh.
cara yang efektip untuk merawat drat agar tidak rusak

Perhatikan suhu mesin
kebiasaan yang sering dilakukan saat penggantian oli mesin di bengkel yakni saat kondisi temperatur mfesin masih panas, mekanik langsung membuka baut tap oli.Memang pada suhu tinggi akan mempercepat proses pengurasan oli yang kekentalannya rendah karena panas, namun jika dilihat dari faktor kekuatan bahan, pada suhu tinggi, alumunium akan mengalami penurunan kekerasan. jika langsung mendapat kontak tiba-tiba dari baut tap oli sangat mungkin konstruksi drat lubang buang segera rusak. Maka lakukanlah pengetapan oli pada saat temperatur mesinnya rendah.

Gunakan kunci sok
Alangkah lebuh bijak proses pengencangan menggunakan kunci sok. penampang kunci sok yang melingkar penuh akan mampu mencekan seluruh sisi kepala baut, otomatis efektif memberi kemampuan pengencangan atau pengenduran maksimal . Berbeda jika proses pengencangan atau pengenduran bautnya hanhya menggunakan kunci pas yang tipikalnya hanya mampu mencekan separuh bagian kepala baut saja.

Benang sebagai peredam ketegangan
Prose pengencangan baut yang terlalu kuat sangan mudah untuk merusak konstruksi drat. solusi efektif agar kekuatan proses pengencangannya bisa di redam yakni dengan memanfaatkan peresap/peredam tegangan penguatan baut yakni dengan benag yang dililitkan di pangkal kepala baut. dengan adanya media peresap tegangan penguatan baaut ini, bisa dapat kekencangan maksimal dengan peresapan keteganan awal.

Kencangkan dengan bantuan palu karet
jangan menggunakan bantuan alat pemukul palu besi karena kekuatan besi pemukulnya malah riskan menghancurkan konstruksi drat lubang oli karena kekuatan pengencangan yang tidak terkontrol dan tiba-tiba. Agar aman, pilih saja pemukul palu yang berkepala karet ,selain tidak akan menimbulkan tegangan pengencangan tinggi, proses pengencangan terbilang lembut dan mampu menjaga keutuhan drat lubang buang oli

Lakukan sendiri penggantian oli
Bukan bermaksud meremehkan mekanik yang ingin mengefektifitasskan waktu, malah kecerobohan sering kali dilakukan. Jadi alangkah lebih bijak lakukan sendiri proses pengetapan oli dengan beberapa teknik diatas agar keutuhan drat lubang oli tetap terjaga dan agar tidak terjadi hal yang tidang diinginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar